Profil

1. DASAR PEMIKIRAN

Banyak maklumat yang telah merugikan umat Islam. Diantaranya adalah informasi yang menyesatkan dalam persoalan aqidah, sosial budaya, pendidikan, bahkan politik. Kemudian juga hiburan-hiburan yang mengetengahkan masalah percintaan yang berdampak negatif dan secara tak langsung mempengaruhi pola pikir generasi muda khususnya pemuda Islam.

Begitu banyaknya media yang dikuasai oleh kelompok-kelompok hedonis matrealis, telah mengakibatkan rusaknya moral generasi muda. Dekadensi moral itu sudah terlalu jauh dan komplit sehingga budaya sopan santun, rasa dan perasaan, hampir saja terkikis habis. Filsafat Minangkabau “Adat Basandi Syara’ Syara’ Basandi Kitabullah Syara’ mangato adat mamakai” itu melekat sebatas pada bibir saja. Filsafat yang penuh hikmah itu telah dirusak oleh pengaruh media massa yang tidak terkendali.

Disisi lain begitu subur dakwah berkembang dikalangan kampus, banyak aktivis muda dan kelompok masyarakat lain yang antusias dengan dakwah dan perkembangan Islam. Sehingga dakwah subur itu perlu dicari semacam wadah untuk menjembatani dakwah itu sendiri.

Banyak dialog kemasyarakatan telah dilakukan oleh tokoh-tokoh dan kalangan pejabat. Dialog itu sering satu arah, sehingga pemahaman terhadap tema dialog dan isi dialog hanya terbatas pada kalangan tertentu saja, akhirnya muncul apa yang dinamakan misscommunication atau kesalahpahaman.

Radio Izzatul Islam FM lahir ketika semua kekhawatiran telah mencapai puncaknya. Indikasi dari semua itu bisa dilihat dari kenyataan sosial yang telah dirasakan oleh semua pihak. Informasi hanya sebatas pemberitaan lepas, sehingga dampaknya tidak dapat diprediksi. Hiburan lepas tanpa ada parameter untuk mengontrol seluruh efeknya. Dialog-dialog semu yang tetap saja belum bisa menjembatani kepentingan segala kelompok untuk sebuah keberhasilan bersama.

Kekhawatiran itulah yang mendorong segelintir aktivis muda untuk mendirikan radio Izzatul Islam FM ini, walaupun banyak sekali hambatan serta tantangan yang dihadapi terutama sekali dalam menyiapkan dana yang cukup besar, mengingat para aktivis tersebut masih kuliah, petugas masjid (Gharin) yang tentunya dana adalah kendala utama yang mereka hadapi. Namun walaupun demikian semangat mereka masih gigih untuk terus berdakwah walaupun terkadang uang kuliah mereka pakai untuk membeli peralatan agar  radio ini tetap mengudara.

Melalui radio Izzatul Islam FM (Izzis FM) marilah kita berdakwah, kita tumpahkan seluruh kreativitas seni yang islami secara maksimal demi mencapai kehidupan bahagia dunia dan akhirat.

Izzatul Islam FM Telah Mengudara

Radio Izzatul Islam FM telah mengudara sejak Januari 2003 dengan frekuensi 88,75 Mhz dan sekarang berpindah ke frekuensi 107,9 Mhz. Dan Alhamdulillah radio Izzis FM ini telah mendapat Pengesahan Akta Pendirian Perseroan Terbatas Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor : C-00224 HT.01.01.TH.2004 tertanggal 6 Januari 2004, dan telah mendapatkan Rekomendasi izin pendirian radio swasta oleh Walikota Bukittinggi Nomor : 234/KL-HAL/BKT/1/2004 tertanggal 28 Januari 2004. Dan segera akan meneruskan perizinan lainnya pada instansi terkait baik di propinsi maupun nasional. Namun di usia yang relatif muda, radio Izzatul Islam FM telah banyak mendapat  sambutan hangat dari berbagai kalangan, baik dari pejabat pemerintah, aktivis kampus, masyarakat umum dan para ninik mamak serta cadiak pandai yang ada di Bukittinggi ini, hal ini dibuktikan dengan banyaknya tanggapan berupa telepon maupun SMS yang masuk ke studio kami maupun kartu atensi setiap harinya.

Banyaknya saran dan kritik yang masuk dari seluruh kalangan, menuntut kami untuk meningkatkan daya pancar dan kualitas siaran agar tercapai seluruh program yang telah ada. Terbatasnya daya pancar juga mempengaruhi upaya pengembangan usaha lain sebagai sumber dana dalam mengeksistensikan radio ini

Untuk merperluas ruang gerak penyiaran, pengurus Izzis FM saat ini sedang mempersiapkan  segala administrasinya agar Izzis FM ini mendapat legalitas/status hukum dan juga meningkatkan daya pancar penyiaran, oleh karenanya kami membutuhkan dana yang cukup untuk mencapai tujuan tersebut diatas. Yang Insya Allah berkat bantuan dari berbagai kalangan dan semua pihak tujuan tersebut dapat tercapai. Sehingga Izzis FM senantiasa dapat mengudara secara luas baik di dalam kota Bukittinggi maupun di luar kota Bukittinggi.

Aktivitas siaran yang ada pada Izzis FM saat ini antara lain Nasyid, Tausiyah/Pengajian, Request, Murottal, Siaran Interaktif. Yang  kesemuanya itu Alhamdulillah mendapat perhatian lebih dari masyarakat umum, karena Izzis FM merupakan radio satu-satunya di Bukittinggi yang bernafaskan Islam dan berjuang untuk da’wah Islam.

III. TUJUAN

Berdirinya radio Izzatul Islam FM ini bertujuan untuk memperjuangkan nilai-nilai universal dari Islam. Dinul Islam bukanlah sebuah agama yang hanya memperjuangkan ritual-ritual ubudiyah seperti shalat, puasa dan lain-lain. Islam juga sebagai peradaban yang juga konsen memberikan solusi kepada seluruh umat manusia seperti ; Ilmu Pengetahuan, Seni dan Budaya, Hiburan dan lain-lain. Hal ini sangat perlu kita utarakan untuk menunjukkan eksistensi kita sebagai manusia yang diamanahkan untuk hidup agar bermanfaat untuk alam semesta.

Mencerdaskan umat dengan informasi ilmiah, ubudiyah, ekonomi, dan berita-berita actual. Selama ini kalau kita membicarakan hiburan tentunya konotasinya adalah pengungkapan perasaan atau mengobati kejenuhan, kesuntukan, dan kebingungan. Tetapi melalui radio ini kita memperjuangkan agar konotasi hiburan yang identik dengan perasaan semata itu kita geser menjadi rasional dan ilmu pengetahuan yang bernilai ibadah. Jadi semacam kesatuan yang utuh antara rasional dengan emosional (akal dan jiwa nan memadu).

Contoh adalah nasyid (nyanyian/lagu) yang mengetengahkan syair indah, merentang informasi penuh ilmu keislaman, seperti ke-Tuhanan, ke-Nabian, sejarah Islam dan pesan-pesan sosial yang sejuk.

Kalau ditanya apa tujuan akhir dari pendirian radio Izzatul Islam FM ini? Jawabnya adalah mencapai Mardhotillah, dengan mengabdikan seluruh aktifitas kehidupan ini semata-mata dalam rangka berjihad dan berdakwah di jalan Allah. Banyak cara untuk melakukan dakwah, tetapi berdakwah melalui media massa seperti radio adalah prestasi dari syiar Islam. Kenapa? Karena radio adalah saluran informasi elektronik yang dimiliki oleh hampir setiap rumah penduduk.

Radio Izzatul Islam FM semacam wahana untuk menunjukkan kepada umat bahwa Islam bukanlah agama kolot dan terbelakang ataupun “teroris” yang sering dikumandangkan oleh musuh-musuh Islam atau kalangan Islam itu sendiri. Keyakinan mesti memiliki dasar berpijak untuk sebuah kemajuan tanpa batas. Menetapkan peradaban  Islam yang menjunjung nilai-nilai ketuhanan, kemanusian dan lingkungan alam semesta. Juga yang paling “urgent” adalah mengajak generasi muda secara sporadic agar menjauh dari narkoba dan perbuatan maksiat lainnya.

Tujuan lain dari berdirinya radio ini adalah untuk memperlihatkan kepada umat lain, bahwa kita juga konsen bergerak untuk toleransi, hak asasi, perdamaian, tolong menolong, juga persaudaraan Islam (Ukhuwah Islamiyah), persaudaraan kemanusian (Ukhuwah Basyariyah) dan persaudaraan kebangsaan (Ukhuwah Wathoniyyah).

Besar harapan kita agar tujuan besar ini tercapai guna menegakkan dinul Islam. Panji-panji Islam harus dengan istiqomah kita tegakkan di semua sisi kehidupan umat manusia. Jangan hiraukan ocehan-ocehan jahil yang menghambat dakwah dan semangat juang kita dalam mencapai tujuan tersebut.

Indikasi dari tercapainya tujuan ini adalah program-program kerja yang telah dan akan dijalankan di radio Izzatul Islam FM ini, seperti berita aktual tentang berbagai peristiwa, dialog (pemerintah, budaya Islam dan Iptek), dan lain sebagainya yang sifatnya aktual dan insidentil.

Itulah tujuan berdirinya radio Izzatul Islam (Izzis FM) ini, mudah-mudahan Allah SWT memberikan kemudahan-kemudahan dalam segala urusan sehingga tujuan mulia ini mendapat dukungan dari semua pihak.

IV. TARGET PENYIARAN

Adapun target penyiaran radio Izzatul Islam FM antara lain

  1. Membudayakan umat Islam mendengarkan media elektronik yang mempersembahkan pesan-pesan Ilahiyah.
  2. Mencerdaskan umat dengan mendapatkan informasi aktual tentang berbagai peristiwa.
  3. Menjadikan hiburan islami yang dapat menjadi alternatif paling diminati dalam hati umat.
  4. Menjadi sarana komunikasi umat dengan para ulama’ dan tokoh yang dapat menjadi teladan.
  5. Wadah komunikasi dan informasi usaha-usaha umat.
  6. Meningkatkan kualitas dan kuantitas secara berkala.
  7. Mendapatkan dukungan pemerintah dan seluruh kalangan.
  8. Dapat melekat  di hati umat dan seluruh pendengarnya.
  9. Menjadikan mitra usaha dalam bekerja sama.

10.  Menjadi radio yang dapat memperbaiki kehidupan umat baik dalam rangka mencapai kebahagiaan dunia akhirat, sehingga Izzatul Islam FM dapat diperhitungkan di kancah penyiaran media elektronik baik lokal, nasional maupun internasional.

V. SASARAN PENDENGAR.

  1. Pemerintah.
  2. Tokoh Agama.
  3. Tokoh Adat.
  4. Tokoh Masyarakat.
  5. Lembaga pendidikan.
  6. Organisasi Masyarakat.
  7. Bundo Kanduang.
  8. Pelajar/Mahasiswa.
  9. Remaja/i Islam.

10.  Anak-anak.

Seluruh lapisan masyarakat.

12 comments on “Profil

  1. Assalamualaikum.
    Mudah2an bisa orang-orang di rantau dapat mendengarkan siaran radio izzatul islami secara streaming.

  2. Assalamualaikum
    Saya sangan senang akan hadirnya radio ini di bukittinggi, klw boleh saya saran di buatkan streaming nya, biar bisa di dengar di mana saja 😀

  3. Alhamdlah.. saya sangat senang dengan media ini.. meningkatkan iman dn tkwa orng2 yg hanya belajar agama di skolah umum.. tapi ada nggK rekaman ceramah atau acara2 izzis ?? Soalnya saya jarang d bukittinggi..

  4. radio ini bagus, tapi saran saya kalau bisa kajian kajian tentang bahaya zina bagi kaum muda diperbanyak menyiarkannya masalahnya dikawasan kita ini zina sudah menjamur seperti penyakit karna banyaknya tempat maksiat, yang bahkan seperti diberi kebebasan..padahal kita dikawasan yg masih baik

    • Alhamdulillah kami jg seneng udh mampir utu tholabul ilmi smg bermanfaat& jgn lp beri tahu temen2 ya…. salam kenal kembali

  5. terus berjayalah IZZIS FM BKT,semoga menjadi media dakwah ditengah lautan modernisasi yang telah mulai hilang dari nilai-nuilai aturan ALLAH

Tinggalkan komentar